fbpx

Besi Ulir merupakan salah satu jenis besi yang paling banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Besi ulir termasuk kategori jenis material besi baja yang memiliki berbagai fungsi dalam berbagai pembuatan konstruksi bangunan.

Selain itu, besi ulir juga memiliki daya rekat kuat terhadap semen yang sangat konkrit hingga selalu menjadi pilihan utama dalam pembuatan berbagai beton bangunan dengan kapasitas besar. Besi ulir memiliki daya tahan yang lebih kuat jika dibandingkan besi polos biasanya.

Besi ini juga memiliki sirip dengan ukuran berbeda pada setiap sisi batangnya. Sirip inilah yang harus benar-benar diperhatikan dengan teliti pada saat proses penyambungnya.

Tiap sirip yang terdapat pada besi ulir harus dipasangkan dengan rapi dan teratur. Selain itu, ukuran dari setiap sirip juga harus sama den bisa tersambung dengan bulat. Setiap sirip yang melintang pada batang minimal harus mencapai 45 derajat dari sumbu batang besi ulir.

Mengenai teknik pemasangan, besi ulir memiliki teknik pemasangan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan teknik pemasangan besi polos biasanya. Hal ini karena besi ulir harus dibengkokkan. Hal inilah yang membuat para kontraktor lebih senang terhadap besi polos dalam membangun konstruksi bangunannya karena alasan lebih mudah dan cepat untuk dikerjakan.

Besi Ulir Vs Besi Polos

Seperti ulasan di atas, besi ulir dan besi polos selalu bersaing dengan ketat untuk memenangkan hati para arsitek dan kontraktor. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Jika di tinjau dari daya tahannya, tentunya besi ulir lebih kuat bahkan memiliki ketahanan tekan minimal sekitar 400 Mpa. Sedangkan ketahanan tekan minimal yang dimiliki oleh besi polos hanya sekitar 240 Mpa. Untuk jenis bangunan berkapasitas tinggi, tentunya penggunaan besi ulir menjadi pilihan utamanya.

Untuk memudahkan pembangunan konstruksi menggunakan besi ulir, ada baiknya penggunaan besi ulir dilakukan pada tulangan memanjang agar bisa menjadi kekuatan utama bangunan. Selain itu, penggunaan ulir pada tulangan memanjang juga akan membantu proses pengerjaannya bisa lebih mudah dan cepat, karena tidak dibutuhkan lagi banyak pembengkokan dan pemotongan besi. Dengan kata lain, besi ulir akan menjadi pilihan bagi mereka yang mengejar kesempurnaan dari konstruksi bangunannya.

Harga Besi Ulir Terbaru

Selain teknik pemasangan dan kelebihan yang dimiliki oleh besi ulir, ada hal lainnya yang lebih mencolok dan selalu menjadi pertimbangan para konstruksi bangunan untuk memantapkan pilihannya pada besi ulir, yaitu harga besi ulir. Melihat begitu banyak kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh besi ulir, tentunya tidak mengherankan jika harganya pun juga cenderung lebih mahal jika dibandingkan jenis besi lainnya.

Perlu anda ketahui, penentuan harga dari besi ulir sebagai kerangka pembuatan konstruksi bangunan berkapasitas besar bisa berubah seseuai wilayah tempat tinggal dan wilayah tempat anda membeli besi ulir tersebut. Itulah beberapa ulasan mengenai besi ulir, mulai dari teknik pemasangan, perbandingan besi ulir dengan besi polos, hingga uraian mengenai harga besi ulir.

Share This