fbpx

Masih banyak orang – orang yang belum mengetahui perbedaan besi dan baja. Padahal selama ini besi dan baja ini adalah logam yang paling banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan seperti pembuatan konstruksi bangunan yang kini semakin hari semakin meningkat saja.

Besi dan baja banyak digunakan karena memang sifat mekaniknya yang begitu cocok untuk keperluan konstruksi bangunan, kendaraan, dll. Dan selain memiliki daya kekuatan yang sangat kuat besi dan baja ini memiliki sifat keuletan yang memadai. Profil baja yang sering digunakan di konstruksi adalah WF, H-Beam, UNP, dll.

Selain itu besi dan baja juga jumlahnya di bumi cukup banyak dan mudah sekali di dapat. Apalagi pengolahannya juga tidak susah dan produknya mudah dikerjakan.

Hal inilah yang membuat besi dan baja ini harganya relatif murah untuk keperluan – keperluan seperti konstruksi bangunan.

Perbedaan Besi dan Baja

Besi dan baja sendiri tidaklah sama. Memang jenis logamnya serupa yakni termasuk ke dalam unsur Fe (ferrum) yaitu logam ferrous yang berbahan dasar unsur Fe namun keduanya tidaklah sama. Kalau besi itu merupakan material alami yang terbuat dari unsur Fe.

Tabel Periodik FeKenapa kita jarang melihat besi murni?

Alasannya adalah bahwa besi murni mudah reaksi dengan oksigen di udara.

Kelemahan utama besi sebagai bahan konstruksi adalah bereaksi dengan udara lembab (dalam proses yang disebut karatan) untuk membentuk oksida warna coklat-merah yang kita sebut karat.

Besi juga bereaksi dengan banyak cara lain, seperti dengan unsur mulai dari karbon, sulfur, silikon dan juga halogen seperti klorin.

Berbeda dengan baja yang merupakan material buatan yang bukan hanya berasal dari unsur besi saja melainkan merupakan berbagai macam paduan unsur seperi besi, mangan, fosfor, karbon, silikon, sulfur, dan sedikit alumunium, nitrogen, dan oksigen dengan kandungan karbon sebanyak 0,2 hingga 2,1 %.

Nah unsur C atau unsur karbon inilah yang sangat mempengaruhi tingkat kekerasan dan kekuatan daya tari dari suatu material yang hubugannya berbanding lurus jadi jika suatu produk kandungan karbonnya semakin besar maka material tersebut juga memiliki tingkat kekerasan dan daya tarik yang semakin besar.

Fe-C Diagram

Perbedaan lain yang mencolok sebagai perbedaan besi dan baja adalah pada kekuatannya. Kekuatan material baja lebih besar dibandingkan besi begitu pula dengan tingkat keuletannya. Bahkan kekuatan dari baja ini bisa mencapai 1000 kali lebih kuat dibandingkan dengan material besi murni. Namun daya redam baja lebih kecil jika dibandingkan dengan material besi.

Nah demikianlah beberapa informasi mengenai perbedaan besi dan baja. Pada dasarnya besi dan baja memang sangat bermanfaat sekali untuk berbagai keperluan kita. Perbedaan karakteristik besi dan baja ini membuat keduanya memiliki spesifikasi penggunaan yang berbeda-beda.

Walaupun demikian, kita tetap harus membeli produk besi dan baja yang berkualitas tinggi.

Untuk kalian yang sedang mencari besi baja dengan kualitas yang pasti terjamin baik dan sesuai standar SNI (Standar Nasional Indonesia) kalian tidak perlu repot mencari. Kalian dapat mendapatkan besi dan baja dengan kualitas yang sangat baik di Prima Besi.

KLIK UNTUK PENAWARAN TERBAIK

Share This